Doa Bulan Rajab Sya'Ban Untuk Menyambut Ramadhan

Advertisement
Advertisement
Bulan Rajab Syaban adalah nama sebuah bulan dalam islam yang dimana dibulan tersebut banyak sekali ibadah sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim sebagai lambang untuk menyambut bulan ramadhan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketiga bulan tersebut merupakan bulan-bulan yang dimulyakan oleh Allah SWT, maka dari itu para muslimin dan muslimah disunahkan untuk berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah terutama ibadah puasa sunah, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Raslullah SAW, dan para sahabat serta para tabi’in, dan orang-orang saleh yang dirahmati oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW. bersabda
“Rajab bulan Allah, Sya’ban bulanku dan Ramadhan bulan umatku.” (Hadits mursal dari Al Hasan AL Bashri)
Dengan berdasarkan hadits di atas, maka sebagian Ulama juga menyebutkan bahwa Rajab adalah bulan istighfar dan taubat kepada Allah sesuai dengan istilah ‘Rajab bulan Allah’. Sebagai hamba Allah, hendaknya di bulan Allah ini kita banyak bertaubat kepada-Nya, kembali kepada-Nyadan meminta maaf sepenuh hati ke hadirat Ilahi, agar benar-benar diampuni dan didekatkan kepada-Nya.

Maka dari itu mari kita perbanyak amal ibadah, dengan niat yang ikhlas dan tujuan karena Allah SWT semata, untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat nanti, semoga Allah meridhoi. Bacaan Amalan Dzikir doa rajab syaban dibawah ini dibaca pada pagi hari sebanyak 70x dan sore 70x (boleh lebih dari itu)
* Istighfar
* lalu berdoa seperti di baawah ini:
رَبِّ ١غْفِِرْْ لِيْ وَارْحََمْْنِىْ وَتٌبْ عَلَىََّ
(Rabbigfirlii warhamnii watub alayya)
Artinya kurang lebih, “Ya Tuhanku Ampunilah dosaku dan rahmatilah segala pertaubatanku”
Dan yang dibawah juga dibaca selama bulan Rajab, pada waktu pagi hari sebanyak 3x dan sore 3x
اََلِّّلهُمََ انت رَبِيْ لاِِِِاِِلََهََ اِِلا اََنْتَ خَلََقْتَنِيْ وَاََنَاعَبْْدُكََ وََاََنََ عََليَ عَهْْدِِكَ وََوََعْدِِكَ مَااسْتََطََعْْتٌٌ اََعُدُوبِكَ مِنْْ شَرِِّمَا صََنََعْْتََ وَاََبُوْءُلَكَ بِنِعْْمََتِِكَ عََلَيَََّ وََاََبُوءُُبِدَ نْبِ فَاغْْفِرْلِِيْْ فََاِِنََهُ لايََغْفِِرُالذُُّنٌٌوْبَ ِالااَنْتَ
Allahuma anta Robbi, Lailaha ila kholaqtanii wa anaa abduka wa anaa alla ahdika wawa’dika mastatho’tu a’udubika min sarrimaa shona’tu wa abuu ulaka bini’matika alayya wa abuu ubidanbi fagfirlii fainnahu laa yagfiru ddunuuba illa anta.
NOTE: untuk sore hari, lebih di anjurkan di baca 27 x (bukan hanya di baca di bulan rajab)

Kemudian Bacaan lainnya adalah
سُُُبْحَانَ الْحَيِّّ الْقَيُومْ
(Subhaanalhayyil qoyyum)
dibaca dari tanggal 1 sampai tanggal 10
سُُُبْحَانَ الله الا حَدِالصََّمَدْ
(Subhaanallahil ahadishomad)
dibaca dari tanggal 11 sampai 20
سُُُبْحَانَ اللهِ الّرَؤُوفْ
(Subhaanallahi rroup)
dibaca dari tanggal 21 sampai 30
perbanyak membaca
Lâ ilâha illallahu sebanyak-banyaknya, misal 100 x, 300 x,atau 1.000 x
Dan satu lagi kalau tidak sempat puasa, silahkan baca saja dua dibawah ini
سُُُبْحَانَ مَنْْ لاََ يََنْبَغِيْ التََّسْبِيْحُ اِِلاََّلَهُ سُُُبْحَانَ اْلاَعَزِّاْلاَكْْرَمْ سُُُبْحَانَ مََنْ لَهُ الْعِزُُّوَهُوَلََهُ اَهْلٌٌ
(Subhaana man la yan bagii ttasbiihu illa lahu, Subhaa nal a ajjilakram, Subhaana man lahul ijju wahuwa lahu ahluun)

Doa Bulan Rajab Syaban
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
(Allahuma bariklana fii Rojaba wa Sya’bana wabaligna Romadhona)
Artinya : Ya Allah berkahi hidup kami di bulan Rajab ini, dan juga di bulan Sya’ban, serta panjangkan umur kami hingga bulan Ramadhon

Advertisement