Bacaan Doa Niat Puasa Syawal - Hikmah Puasa 6 Hari

Advertisement
Advertisement
Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang di kerjakan sehabis lebaran idul fitri sebanyak 6 hari menjalankannya yaitu pada waktu tanggal 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 syawal. Akan tetapi apabila tanggal 2 sampai 7 tidak bisa mengerjakannya, anda dapat melaksanakan di lain tanggal asalkan dalam bulan syawal saja.

puasa syawal

Banyak sekali keutamaan hikmah dan pahala puasa syawal yang dapat kita ambil kalau melaksanakan puasa sunnah yang satu ini, ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa barang siapa yang melaksanakan puasa 6 hari di bulan syawal, maka dia akan mendapatkan pahala seperti puasa dalam 1 tahun penuh.

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر كله
Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh (H.R. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة
Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh (H.R. Ibnu Khuzaimah).

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة
Artinya: Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (H.R. Nasa'i)

Nah bagi anda yang ingin melaksanakan puasa syawal selama 6 hari, berikut ini adalah lafadz bacaan doa niat puasa syawal lengkap dengan artinya, baik itu dalam tulisan arab maupun tulisan latin.

وَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHAUMA GHADIN ‘AN SITTATIN MIN SYAWWAALIN LILLAAHI TA’AALAA.
Artinya: Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah.

Semoga dengan diberikannya niat puasa syawal di atas dapat membantu anda semuanya dan semoga menjadi amal ibadah khususnya bagi saya umumnya bagi anda semuanya.

Advertisement