Bacaan Doa Sapu Jagad Lengkap Arab, Latin, Arti dan Khasiat

Advertisement
Advertisement
Salam buat semua pembaca yang selalu dimuliakan oleh Allah, kali ini dalam tulisan ini akan dibagikan doa sapu jagad. Doa yang semua orang tentunya sudah hafal dan pastinya tahu. Doa ini adalah doa untuk kita meminta kebaikan selama kita hidup di dunia dan agar mandapatkan pula kebaikan kelak kita hidup di akhirat, yang sifatnya kekal abadi. Dan minta untuk diselamatkan dari ganasnya siksa api neraka.

Doa ini memang sederhana, pendek dan mudah untuk dihafal, akan tetapi makna dari doa ini sungguh luar biasa. Karena setiap orang yang hidup di dunia ini tentunya sangat menginginkan untuk selamat dan mendapatkan kebaikan selama hidup di dunia ini. kemudian ingin hidup dengan penuh kebaikan pula nanti dikehidupan yang sesungguhnya dan sifatnya kekal abadi di akhirat nanti. Dan berikutlah doanya, simak baik – baik ya!!!

Lafadz Bacaan Doa Jagat Arab, Latin dan Artinya
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Robbana a’tina fid’dun yaa hasanah, wafil a’ khirotil hasanah, waqinaa azab’bannar

Artinya:
Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.
Adapun penjelasan dari doa sapu jagad ini.

Doa sapu jagad merupakan doa yang singkat tapi sangat berguna sama seperti yang dikatakan diawal tadi, hal tersebut karena mencakup semua aspek kehidupan diantaranya memiliki kandungan, memohon kebaikan dari dunia, kebaikan di akhirat dan keselamatan dari siksa api neraka. Doa ini baik dibaca dalam segala kesempatan.

Selain penjelasan di atas doa ini juga ada asbabunnuzul nya (sebab turunnya ayat):
Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim dari Ibnu Abbas, katanya, “Suatu golongan dari kalangan Arab datang ke tempat berwukuf lalu beroda “Ya Allah! Jadikanlah tahunku ini tahun hujan dan tahun kesuburan, serta tahu kasih sayang dan kebaikan,’ tanpa menyebut – nyebut soal akhirat walau sedikit pun.” Allah pun menurunkan tentang mereka. “diantara manusia ada yang mengatakan, ‘Ya Tuhan kami berilah kami (kebaikan) di dunia, tetapi tiadalah bagian di akhirat. ‘(Q.S Al-Baqarah 200) Setelah itu datanglah golongan lain yakni orang – orang beriman yang memohon. ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka. Mereka itulah yang beroleh bagian dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya. “ (Q.S Al-Baqarah 201).

Baiklah, jangan lupa yah untuk kita semua, untuk terus melafalkan doa ini di mana pun dan kapanpun, suapaya kelak kita juga mendapatkan kebaikan di mana pun dan kapan pun. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah doa.

Advertisement