Bacaan Doa Nabi Ketika Sedih, Gelisah dan Galau

Advertisement
Advertisement
Sedih, galau pasti semua orang akan merasakannya. Namun berlarut dalam kesedihan dan kegalauan itu bukanlah jalan yang terbaik untuk ditempuh. Namun, bangkit dari kesedihan mengubur dalam – dalam kesedihan dan kegalauan adalah jalan terbaik yang mesti kalian pilih. Namun, memang kesedihan tidak bakal hilang begitu ajah, harus dihilangkan dengan berbagai cara yang menyenangkan.

Pergi jalan – jalan bareng teman, pergi makan bareng teman mungkin itu salah satu cara yang juga  bisa dilakukan. Namun, ingat jangan sampai melupakan dan menghiraukan peran Allah sang pemilik kehidupan. Ingat selalu Allah. Kita bisa meminta semua kepada-Nya salah satunya adalah meminta untuk dihilangkan dari rasa sedih. Bagaimana caranya? Tentunya dengan berdoa. Doa sedih adalah doa yang dari sebuah hadist, doa  yang bisa kita baca untuk menghilangkan rasa sedih dalam hidup kita.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa sedih, gelisah, sakit hati, berduka arab, latin dan artinya.

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِـيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِـيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَداً مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي، وَنُوْرَ صَدْرِي، وَجَلاَءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي
Allaahumma innii ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyati biyadik, maadlin fiyya hukmuk, ‘adlun fiyya qadlaa’ uk, as-aluka bikullismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltahuu fi kitaabika, au ‘allamatahu ahadan min khalqika, awis ta’tsarta bihii fii ‘ilmi ghaibi ‘indaka, an taj’alal Qur’aana rabii’a qalbii wanura shadrii wajaa’a huzni wa dzahaaba hammii

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki Mu, dan anak hamba perempuan Mu, Ubun-ubun ku berada di tangan-Mu adil atas diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engaku rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Engkau jadikan Al-qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku. H.R Abdullah bin Mas’ud radiyallah ‘anhu

Adapun penjelasan dari hadist yang juga  merupakan doa tersebut.
Rasulullah SAW, bersabda, “tidaklah seseorang tertimpa kegundahan dan kesedihan lalu berdoa (dengan doa di atas) melainkan Allah akan menghilangkan kesedihan dan kegelisahannya serta menggantikannya dengan kegembiraan.

Tuh akwat ikhwan pembaca yang dimuliakan oleh Allah (Amiin), jelas sudah bukan, bila kamu menyerahkan segala kesedihan kepada sang pemberi Rasa Allah dan melafalkan doa sedih tersebut, Allah akan menggangtikan kesedihan yang kalian rasakan dengan kegembiraan. Ingat janji Allah adalah Janji yang sebenar-benarnya janji. Dan Allah tak akan pernah ingkar akan janji-janji Nya.

Maka dari itu, jangan bersedih lagi yah... keep spirit dan baca selalu doa ini. agar selalu gembira dalam segala kesempatan. Ingat kata – kata ini juga yah bahwa doa adalah senjatanya orang muslim.

Advertisement